Blog Detail

Muadz Bin Jabal: Pembentukan Karakter Anak dengan Pembiasaan Magic Word pada Anak Usia Dini

Anak usia dini atau anak dalam fase Golden Age tentunya menjadi sebuah masa yang jangan sampai ayah dan bunda lewatkan dengan begitu saja. Sebuah masa pertumbuhan anak yang tentunya juga tidak akan terulang kembali, ayah dan bunda sebaiknya dimaksimalkan dengan memberikan stimulasi yang baik mengembangakan kemampuan anak dan dengan interaksi orang tua menjadi pengalaman mendalam bagi anak.

Ada beberapa aspek perkembangan anak yang dapat dimaksimalkan ayah dan bunda untuk membentuk dan mengembangkan karakter baik sejak dini, yaitu aspek sosial emosi dan aspek Bahasa. Saat kemampuan Bahasa anak mulai berkembang ayah dan bunda bisa kenalkan dengan kata-kata yang mudah untuk diucapkan anak dan tentunya memiliki nilai positif terhadap anak yang mempu menunjang kemampuan sosial emosi yang memiliki karakter diri yang baik. Magic Word atau kata-kata Ajaib yang memberikan kesan positif dan memberikan kesan santun pada anak. Kata-kata magic word yang dapat diajarkan pada anak meliputi:

Permisi

Kata permisi dapat diajarkan kepada anak untuk mengajarkan tentang norma kesopanan pada anak. Anak diajarkan untuk mengucapkan kata permisi saat berada dengan orang lain dan mengajarkan untuk ijin kepada orang lain saat akan melakukan sesuatu sehingga orang lain tidak akan merasa tersinggung.

Tolong

Ajarkan dan biasakan anak untuk dapat mengucapkan kata tolong saat anak ingin meminta bantuan dari orang lain, maka anak akan lebih menghargai seseorang yang telah memberikan bantuan kepadanya.

Maaf

Kata yang harus dibiasakan pada anak ketika anak melakukan kesalahan baik yang disengaja maupun yang tidak disengaja yaitu kata maaf. Kata maaf mengajarkan anak untuk memiliki rasa rendah hati dan berani mengakui kesalahan yang dilakukan oleh anak.

Terimkasih

Magic Word terakhir yang dapat harus dibiasakan oleh anak yaitu kata terimakasih. Kata terimakasih diucaokan saat anak menerima bantuan dari orang lain agar anak mengerti akan sikap menghargai bantuan atau pemberian dari orang lain.