Blog Detail

Muadz Bin Jabal: Memilih Tempat Belajar Terbaik Untuk Anak

Memilih tempat belajar menjadi hal yang penting dalam menuntut ilmu. Tempat belajar yang kita tuju tentu berhubungan dengan tujuan yang ingin kita capai. Jika kita ingin makan nasi pecel, tentu kita pergi ke warung yang menyediakan nasi pecel. Kita tidak akan menemukan nasi pecel di warung yang menjual sate. Begitu juga sebaliknya, proses memilih tempat belajar ibarat petani yang memiliki lahan untuk bercocok tanam, Ia harus memilih tanah yang subur agar menghasilkan tanaman yang subur (Ririn Astutiningrum, 2023:32).

Kesadaran masyarakat akan pendidikan semakin meningkat. Kesadaran ini mendorong Masyarakat memberikan perhatian lebih pada pendidikan. Keluarga, masyarakat, dan sekolah memiliki andil yang besar dalam pendidikan anak. Karena Anak belajar dan menghabiskan waktunya dalam tiga lingkungan tersebut. Berbagai kekhasan dan keunggulan ditawarkan setiap sekolah dasar. Sekolah terus berbenah untuk meningkatkan kualitasnya. Sementara itu, masing-masing orang tua memiliki alasan tersendiri dalam memilihkan sekolah kepada anaknya. Masyarakat sebagai orang tua anak tentu mengharapkan tempat terbaik bagi anaknya.
Tempat yang “subur” untuk menuntut ilmu adalah tempat-tempat yang selalu bertabur Rahmat dan kasih saying dari Allah. Tempat semacam itu dapat ditandai dengan kualitas agama dan ibadah Masyarakat di sekitarnya. Tempat menuntut ilmu yang penuh berkah akan menghasilkan pelajar yang dalam ilmunya, baik tutur katanya, rendah hati dan berakhlak mulia (Ririn Astutiningrum, 2023:32).

Daftar Pustaka:
Ririn Astutiningrum.2023.Adab Sebelum Ilmu (Ta’limul Muta;alim for Kids).Kelompok Penerbit Aqwam