Blog Detail

Mengenal Program dan Kegiatan Muadz Bin Jabal Yogyakarta

Muadz Bin Jabal sebagai TK Islam Terpadu Pertama di Yogyakarta dengan komitmen untuk menerapkan sistem belajar Full Day School atau kita kenal dengan sekolah sehari penuh sejak awal berdiri. Dibawah naungan Jaringan Sekolah Islam Terpadu (JSIT), Muadz Bin Jabal menerapkan konsep pendidikan islam yang berlandaskan pada Al-Quran dan Sunah dengan model pembelajaran TERPADU yang berpedoman pada prinsip pembelajaran sinergi, integritas dan teladan.

Pembelajaran Terpadu merupakan suatu pendekatan yang berorientasi pada praktek pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan perkembangan anak. Pendekatan ini berangkat dari teori pembelajaran yang menolak proses latihan/hafalan (drill) sebagai dasar pembentukan pengetahuan dan struktur intelektual anak. Teori pembelajaran ini dimotori para tokoh Psikologi Gestalt, (termasuk teori Piaget) yang menekankan bahwa pembelajaran itu haruslah bermakna dan menekankan juga pentingnya program pembelajaran yang berorientasi pada kebutuhan perkembangan anak.

Program dan Kegiatan di Muadz Bin Jabal tentunya banyak sekali, Program dan Kegiatan dirancang untuk memfasilitasi siswa dan juga orang tua untuk dapat mencapai tujuan bersama, saling sinergi antara sekolah dan rumah. Program kegiatan bagi siswa dirancang untuk mengengmabangkan aspek Kognitif, Afektif dan Psikomotor anak. Kegiatan untuk anak dirancang dengan mengedepankan konsep Fun Learning. Kegiatannya meliputi: Spesial Day, Kunjungan Edukatif, Outbond, Outoor Learning, Manasik Haji, Ekstra Kurikuler, dan tentunya tidak terlewatkan adalah kegiatan penguatan keislaman dan pembelajaran al-quran seperti: Qur’an Advanture, Tasmi’ Go, Mabit, Pesantren Ramdhan, Parade Tasmi’ dll. Program dan Kegiatan bagi orang tua juga tersedia dengan dibuat dalam benuk forum parenthing, Home Visit, Bina Pribadi Islam, Kelas Tahsin Orang Tua, Famili Gathering.