Blog Detail

Muadz Bin Jabal: Apa itu LOOSE PART?

Ada yang sudah mengenal loose part?
Ada yang sudah pernah menggunakan loose part untuk media belajar?

Loose Part adalah bahan-bahan yang terbuka, dapat terpisah, dapat dijadikan satu kembali, dibawa, digabungkan, dijajar, dipindahkan, digabungkan dan digunakan sendiri maupun digabungkan dengan yang lain. Kemudian Loose Part itu dapat berwujud benda alam maupun sintesis (benda buatan). Loose Part juga dapat menciptakan lingkungan yang lebih kaya, memberikan anak-anak sumber belajar yang diperlukan untuk bermain.

Kreativitas tidak hanya untuk berbakat, semua orang kreatif ketika disediakan lingkungan dengan jenis dan jumlah variable yang tepat (Nicolson)

Nicolson menyarankan banyak banyak variable yang berbeda diluar fisik seperti reaksi kimia dan api. Loose Part dapat pula dimanipulasi, diangkut dan diubah. Bagi anak-anak untuk memahami dunia mereka ini adalah kuncinya, dan loose part memberikan peluang tanpa akhir untuk bawaan keingintahuan dan keajaiban untuk membantu perkembangan mereka.

Nah kenapa loose part bisa menjadi pilihan media belajar anak yang menyenangkan? Tentunya karena loose part itu memiliki beberapa kelebihan seperti:

  1. Loose Part sesuai pilihan anak
  2. Dapat diadaptasi dan dimanipulasi dalam banyak cara
  3. Mendorong kreativitas dan imajinasi
  4. Mengembangkan lebih banyak ketrampilan dan kompetensi
  5. Dapat Digunakan dengan cara-cara yang berbeda
  6. Dapat dikombinasikan dengan bahan-bahan lain
  7. Loose Part Vs Mainan Modern
  8. Mendorong pembelajaran terbuka